Banana Shoot dari segi Ilmu Pengetahuan

Sepak bola dan fisika





























Pernah nonton Tsubasa kan? Walau pun fiksi tetapi dalam permainannya selalu mengandalkan perhitungan. Nah, sadar nggak sadar para bintang sepakbola di dunia nyata pun sebenarnya bermain dengan hitung-hitungan fisika. Contohnya ketika David Beckham sang maskot tim Inggris menendang bola dari jarak jauh, dan berhasil menggolkan bola dengan tendangan pisang, sebenarnya terdapat hitungan fisika.

Pernah belajar dong gerakan parabola? Pasti! Nah, tendangan bebas Beckham pun sama dengan teori ini. Ketika bola ditendang dengan sudut elevasi tertentu, bola akan bergerak membelok seperti sebuah parabola atau bentuk pisang. Kenapa bisa terjadi? Tentu karena ada gaya gravitasi bumi. Dengan gravitasi bumi, bola yang melambung dari tendangan kaki seorang pemain akan ditarik oleh gravitasi bumi sehingga kecepatan vertikalnya terus berkurang.

Nah, pada titik tertinggi kecepatan vertikalnya menjadi nol, sehingga gravitasi akan menarik bola ke bawah dengan kecepatan yang lebih tinggi. Kalo mau lihat prosesnya tentunya gambar harus di slow motion. Soalnya nih, kecepatan bola lumayan tinggi juga. Ketika Inggris mengalahkan Yunani pada penentuan masuk piala dunia 2002 aja, bola yang ditendang Beckham mencapai kecepatan 128 Km/jam yang berhasil melewati pagar betis Yunani dan mengecoh kiper dengan tendangan pisangnya.



Efek Magnus

Tendangan seperti Beckham merupakan hitungan fisika yang sangat akurat. Malah sampai melibatkan para peneliti segala lho untuk menganalisa tendangan tersebut. Adapun Gustav Magnus pada tahun 1852 pernah meneliti sebuah bola yang berputar secara spin. Gerakan bola mengakibatkan adanya aliran udara di sekeliling bola yang bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya. Pada sisi yang searah dengan aliran udara bergerak lebih cepat dibandingkan dengan sisi yang berlawanan dengan arah aliran udara. Pada aliran udara yang searah akan mengalir udara yang sangat cepat, sehingga tekanannya semakin kecil. Sisi yang berlawanan dengan arah aliran udara tekanannya semakin besar. Sehingga mendorong bola untuk berbelok ke arah aliran udara yang searah. So, terjadilah tendangan pisang (biasanya saat mengeksekuasi tendangan bebas). Nah, untuk menghormati Gustav Magnus, maka teori ini disebut dengan efek magnus.

Saat mengeksekusi tendangan bebas, tidak perlu dieksekusi dengan kekuatan yang tinggi. Karena jika itu terjadi akan menimbulkan efek magnus yang bisa membelokkan bola. Cukup dengan kekuatan 75–80% kekuatan maksimum saja atau sekitar 80 km/jam. Pada kondisi seperti ini biasanya penjaga gawang akan kesulitan untuk menangkap bola, karena bingung dengan bola yang tidak lambat dan juga tidak terlalu kencang. Jika tendangan maksimus 100 % akan menimbulkan turbulens yang juga akan menimbulkan bola membelok.

Bagaimana Beckham melakukan tendangan ini? Cukup sederhana. Tetapi butuh pengetahuan fisika yang lumayan (makanya rajin belajar fisika). Beckham menyontek bola sedikit dibawah pusat berat bola dengan ujung sepatunya (Gb 2). Sontekan model ini akan membuat bola melambung sambil berputar (spin). Ketika bola bergerak, aliran udara mengalir berlawanan arah dengan arah gerak bola. Putaran atau spin bola akan mempercepat aliran udara di daerah A dan memperlambat kecepatan aliran udara di daerah B sehingga kecepatan udara di daerah A lebih besar dibandingkan dengan kecepatan udara di daerah B (Gb.3). Nah menurut fisika (hukum Bernoulli), udara yang bergerak lebih cepat, tekanannya lebih rendah. Perbedaan tekanan udara antara daerah A dan B akan menimbulkan gaya tekan yang arahnya dari B ke A. Akibatnya ... tahu sendiri kan? Gaya tekan ini akan membuat bola membelok (lintasannya jadi melengkung). Jika bola bergerak dengan kecepatan sekitar 45 dan berotasi dengan 8-10 putaran per detik gaya tekan ini akan membelokkan bola selebar 4 meter. Cukup membuat penjaga gawang kepusingan, bukan? Peristiwa melengkungnya bola ini dalam fisika sering disebut dengan efek Magnus. Gimana? Asyik nggak?

0 komentar:

Posting Komentar

Video Gallery

Cari Blog Ini

silahkan melihat